Tips Menentukan Model Server yang Pantas dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard BandungPada saat memulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal hal yang demikian bisa menjadi suatu unsur penting yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang harus dipikirkan saat pertama kali sebelum menentukan tipe server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan high, menengah, atau sebatas digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat menetapkan macam server yang cocok untuk layanan  Anda.

Tips Menentukan Model Server yang Pantas dengan Usaha Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena formatnya yang tipis dan gampang ditaruh pada rak server.
Tipe server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pemakai laptop antara 20 hingga 100 orang dapat menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server macam entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai energi cadangan untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini sanggup melaksanakan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengontrol sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga sanggup simpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server macam ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server model ini memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan tipe ini terhubung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat memakai penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini cocok untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, website kabar, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan macam server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berimbas pada daya kerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi kerja pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menentukan Model Server yang Pantas dengan Usaha Anda"

Post a Comment