Metode Memilih Macam Server yang Layak dengan Jasa Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaSaat memulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal tersebut dapat menjadi satu elemen utama yang menentukan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum memilih jenis server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk keperluan kompleks, sedang, atau hanya digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan jenis server yang layak untuk usaha  Anda.

Metode Memilih Macam Server yang Layak dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam 4 kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari masing-masing server ini? Mari Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya dipakai dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diaplikasikan sebab bentuknya yang ramping dan gampang ditaruh pada rak server.
Macam server ini sangat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pengguna laptop antara dua puluh hingga seratus orang dapat menggunakan server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai kekuatan back up untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menghandle beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengontrol metode pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga dapat menampung lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan cepat. Sebagian, server model ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, walaupun begitu server macam ini memiliki keunggulan tersendiri bila diperbandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini tersambung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu memakai suplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka bila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah jenis server tertinggi. Server ini dapat menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya digunakan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu diandalkan setiap saat.
Memilih server yang pas akan berimbas pada daya kerja bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak mampu menampung kerja pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Related Posts:

0 Response to "Metode Memilih Macam Server yang Layak dengan Jasa Anda"

Post a Comment